Penggunaan mesin TBM untuk keperluan pembuatan jalur tunnel di Indonesia ternyata telah digunakan 20 tahun lalu. Proyek pertama menggunakannya adalah PLTA singkarak yang dibangun perkiraan tahun 1992. Panjang mesin TBM ini, termasuk jaringan pembuangan, 200 meter dengan lebar diameter sebesar 5.9 m. Mesin TBM didatangkan ke Pelabuhan Teluk bayur, Padang. Setelah proyek Singkarak selesai, mesin raksasa yang disewa itu kemudian dipulangkan. Mesin TBM akan berkerja dari titik kilometer 2 sampai 10.
Hard Rock TBM dari The Robbins Company untuk PLTA Singkarak
Hard Rock-TBM
Tunnelling Construction with Passive Face Support
source : http://www.babeng.com/company/history
Selanjutnya penggunaan TBM juga digunakan pada PLTA Renun - Sumatera Utara, dengan menggunakan diameter TBM sebesar 3.9 m. Dan pada september 2003, TBM berhasil melakukan Final Breakthrough.
source : https://www.n-koei.co.jp/rd/thesis/pdf/200712/forum16_016.pdf
No comments:
Post a Comment